Kamis, 23 Februari 2012

Prodi Baru di POLTEKKES MAMUJU

MAMUJU - Kampus Politeknik Kesehatan (Poltekes) Sulawesi Barat akan menambah enam program studi (prodi) baru. 

Sebelumnya, Poltekes Sulbar hanya memiliki empat prodi yakni keperawatan, kebidanan, gizi dan kesehatan lingkungan. Sedang enam prodi tambahan adalah farmasi, analis kesehatan, fisioterapi, perawatan gigi, teknis kesehatan dan anastesi. 
Direktur Poltekes Sulbar Hamsir Amir, mengatakan, penambahan itu akan menyamai Poltekes Makassar. 

"Sekarang ini kami memiliki 600 siswa, mereka dari tiga angkatan. Yang dibutuhkan sekarang ini adalah ruang belajar dengan dilengkapi alat belajar mengajar seperti laptop, LCD, dan kursi perkuliahan. Sedang untuk tenaga kebersihan memakai sestem outsorcing yang dianggarkan tiap tahun," tuturnya kemarin.

Poltekes Sulbar memiliki 30 orang tenaga pengajar, sebagiannya berasal dari Poltekes Makassar. Untuk mengurangi kendala yang ada, kata Hamsir, setiap mata kuliah dibentuk tim. Sehingga jika ada pengajar yang berhalangan, seperti yang dari Makassar, tentu ada yang menggantikan. 

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, mengatakan, Poltekes ini merupakan bagian dari yang diharapkan dan direncanakan sejak provinsi ini diperjuangan. Semangat itu bertambah ketika mendapat amanah menjadi gubernur definitif pertama di Sulbar. Poltekes di Sulbar dibangun sejak akhir 2010.

"Awalnya hanya kelas jauh dari Poltekes Makassar. Karena tidak bisa langsung berdiri sendiri. Ada banyak parameter yang harus dipenuhi. Pemerintah hanya bisa menyiapkan tanah seluas lima hektar sembari berjuang agar Sulbar memiliki Poltekes. dan sejak 2012 anggaran, pengelolaan dan statusnya sudah otonom," katanya.

Diakui, Sulbar masih kekurangan tenaga pengajar kesehatan yang berkualitas, profesional dan sesuai standar. Karena itu lulusan Poltekes Sulbar diharapkan mampu menjawab kekurangan itu. 

Disebutkan, bangunan yang baru jadi adalah rektorat. Tahun ini akan dibangun perpustakaan kemudian gedung prodi. Sebab perkuliahannya akan dilakukan di gedung baru. 

"Anggarannya cukup besar. Sejak dibangun, proyek ini sudah menelan Rp60 miliar yang bersumber dari APBN, sedang lahannya dari APBD Sulbar. Rencananya akan ditambah hingga 20 hektar. dan Secara bertahap akan dilengkapi dengan asrama mahasiswa," ungkap Anwar.

Pada September 2012 nanti, sekira 200 mahasiswa Poltekes Sulbar akan diwisuda. Mereka adalah lulusan pertama dari berbagai prodi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar